Gratiskan Apple TV+ Satu Tahun, Apple 'Curi' Posisi Netflix


Gratiskan Apple TV+ Satu Tahun, Apple 'Curi' Posisi Netflix Apple TV+. (Josh Edelson / AFP)

Dalam event tahunan Apple, CEO Apple Tim Cook mengumumkan pembeli iPhone baru akan akan diberikan gratis berlangganan selama satu tahun Apple TV+.

Tawaran tersebut akan langsung menggeser Netflix sebagai layanan streaming terbanyak yang memiliki pelanggan. Dilansir dari Reuters, walau demikian, hal tersebut tidak membuat Apple akan tetap memimpin pasar.

Berdasarkan rencana perusahaan yang diumumkan pada Selasa (10/9), setiap pembeli iPhone, Macbook, iPad, atau iPod Touch sekarang akan mendapatkan layanan streaming Apple TV+ gratis dan akan dikenakan biaya US$5 sebulan hanya jika mereka memutuskan untuk melanjutkan setelah tahun berakhir.

Reuters menuliskan Wall Street mengharapkan Apple untuk menjual setidaknya 130 juta iPhone di luar China dalam 12 bulan ke depan.

Tahun lalu tercatat, terjual lebih dari 60 juta Macbook dan iPad. Dengan target dan catatan penjualan, seharusnya memungkinkan TV+ melampaui hampir 160 juta pengguna Netflix.

Namun, setelah satu tahun, Apple diperkirakan akan menghadapi kondisi seperti Netflix yang membuat pelanggan harus membayar.

"Kami percaya Netflix tidak mungkin 'dipatahkan' oleh layanan berlangganan Apple TV + dengan papan tulis konten yang relatif ringan dan tidak ada konten perpustakaan," kata analis Credit Suisse.

Ramai Pasar Streaming Video

Pasar streaming video berada mulai ramai dengan layanan baru dari Apple dan Walt Disney akan bersaing dengan Hulu, Prime Video Amazon.com dan HBO Max.

Analis mengatakan bahwa ramainya pasar ini akan mengubah sifat bisnis di mana jumlah layanan yang relatif terbatas dan keistimewaannya. Prime misalnya dibundel dengan layanan pengiriman gratis Amazon.

Sementara Netflix di masa lalu mengambil konten dari berbagai studio dan jaringan, sekarang banyak dari mereka akan memiliki layanan streaming sendiri dan mempertahankan waralaba seperti, misalnya, semesta sinematik Marvel, untuk diri mereka sendiri.

Diluncurkan pada 1 November di 100 negara, Apple TV + berjanji untuk meluncurkan acara baru setiap minggu dan telah mengumumkan drama "See" yang dibintangi Jason Momoa, "The Morning Show," dengan Reese Witherspoon dan Jennifer Aniston, dan "Helpsters," a serial anak-anak dari pembuat "Sesame Street."

Tapi itu masih jauh dari 700 pertunjukan terpisah yang dibuat Netflix tahun lalu, termasuk lusinan dalam daftar top 100 AS yang paling banyak ditonton. Pelopor streaming juga dilaporkan berencana untuk meningkatkan pengeluaran hingga US$15 miliar tahun ini di sini

"Apple terutama berfokus pada penjualan langganan ke layanan lain (mis. HBO, Showtime) dan sedikit berfokus pada konten asli," kata Daniel Morgan, manajer portofolio di Synovus Trust Company di Atlanta yang saat ini memiliki saham Apple.

"Tampaknya tidak mungkin bahwa pendatang baru seperti Apple TV Plus akan dapat menemukan pijakan mengingat betapa padatnya lapangan," tambahnya.

Fokus utama Apple dengan proyek ini mungkin terbukti menjaga penjualan iPhone dan iPad tetap sama besarnya dengan memasuki perang streaming yang mahal.

Analis dari broker Wall Street lain, Wedbush, mengatakan basis Apple yang terdiri dari 900 juta pengguna iPhone global dapat memungkinkannya untuk mencuri 100 juta pelanggan streaming dalam 3-4 tahun.

Tetapi mereka juga menunjuk penjualan iPhone, khususnya di China, sebagai prioritas perusahaan yang lebih besar.


Sumber: https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20190912085608-185-429764/gratiskan-apple-tv--satu-tahun-apple-curi-posisi-netflix
Share:

Recent Posts